Cara Memperbaiki Sd Card Yang Rusak

Cara Memperbaiki Sd Card Yang Rusak – Kartu memori rusak, begini cara mengatasinya! Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tampaknya sangat sederhana, terutama jika Anda memiliki banyak contoh kartu SD yang tidak dapat dibaca. Memang, smartphone terbaru di era saat ini dilengkapi dengan penyimpanan internal dalam jumlah besar. Tetapi kartu SD, juga dikenal sebagai kartu SD, tetap menjadi pilihan.

Hanya saja media ini pasti tidak lepas dari yang namanya SD Card corrupt. Mulai sebagai data yang tidak dapat dibaca, rusak, dll. Nah untuk mengatasinya kali ini, berikut adalah penjelasan cara memperbaiki SD Card yang corrupt, mudah dan ampuh banget untuk kamu coba!

Cara Memperbaiki Sd Card Yang Rusak

Agar Anda tidak perlu pusing bagaimana cara mengatasinya, kami telah merangkum berbagai cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca khusus untuk Anda.

Recover Memory Card, Gimana Sih Caranya?

Cara mudah lain untuk memperbaiki kartu memori yang rusak adalah dengan mencoba kartu SD di smartphone lain. Berkaitan dengan hal tersebut tentunya Anda dapat mengetahui apakah kartu memori atau bahkan slot memori smartphone Anda mengalami kerusakan.

Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kartu SD Anda yang telah dilepas ke smartphone Android lain. Periksa apakah Anda dapat menemukan kartu SD dan apakah berfungsi dengan baik.

Jika Samsung, Vivo atau ponsel lain sepertinya tidak bisa membaca kartu memori. Kemudian Anda dapat melanjutkan ke cara memperbaiki kartu SD yang rusak selanjutnya.

Jadi, ini kurang lebih tentang cara memperbaiki kartu memori yang rusak dan tidak terbaca dengan semua langkahnya. Jika masih tidak berhasil, coba lagi! Faktanya ada banyak cara yang bisa dilakukan jika SD Card Anda rusak, jika memori internal smartphone tidak mencukupi, Anda bisa menambahkan SD Card, atau memori eksternal dengan menggunakan SD Card.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak, Tanpa Bingung!

Namun tentunya media ini tidak terhindar dari masalah name, unreadability, data corrupt dan lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut laman Jalanticus berikut adalah 5 cara memperbaiki SD card corrupt yang sangat sederhana dan efektif.

Jika SD Card tidak terbaca atau terdeteksi saat dimasukkan ke dalam smartphone, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan slot yang tersedia.

Dengan cara ini Anda dapat memulihkan kartu SD Anda tanpa memformatnya. Untuk cara lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut:

Kartu Sd Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaikinya

Langkah termudah lainnya adalah mencoba kartu SD di smartphone lain. Ini pasti akan menentukan apakah kartu memori atau konektor di ponsel cerdas Anda rusak.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kartu SD yang telah dilepas ke smartphone lain. Periksa apakah kartu SD dapat dideteksi dan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

See also  Aplikasi Apa Saja Yang Dapat Menghasilkan Uang

Anda juga bisa mengecek error terlebih dahulu melalui PC atau laptop untuk mengetahui apakah SD Card Anda bermasalah atau tidak.

Metode ini juga memungkinkan Anda memulihkan kartu memori yang tidak dapat diformat. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak Dan Tidak Terbaca, Ampuh!

Kemudian Anda membuka File Explorer (Windows+E) dan klik kanan pada kartu SD. Pilih menu “Properties” > “Tools” > “Error Checking” dan tunggu hingga proses selesai.

Jika sudah nekad dan tidak terlalu mempedulikan data Anda, Anda bisa langsung memformat SD Card agar normal dan bisa digunakan kembali.

Cara pertama dan termudah adalah memformat ponsel Android secara langsung tanpa perlu aplikasi tambahan.

Pastikan kartu SD terhubung ke smartphone Android yang Anda gunakan. Lalu buka Pengaturan > Penyimpanan > Penyimpanan Portabel dan pilih penyimpanan kartu SD Anda.

Sd Card Tidak Ditemukan Windows? Ini Cara Mengatasinya!

Selain dilakukan langsung di ponsel Android, Anda juga dapat memformat SD card melalui PC/Laptop untuk hasil yang lebih canggih dan lebih baik. Begini caranya:

Colokkan kartu SD Anda menggunakan pembaca kartu dan tunggu hingga tersambung. Jika masih ada data yang tersisa, anda bisa melakukan backup terlebih dahulu ke PC/Laptop anda.

Kemudian buka File Explorer (Windows + E) dan pilih drive pada kartu SD. Klik kanan dan pilih Format…

Ikuti langkah memformat kartu SD dan tunggu prosesnya selesai. Jika mengembalikan data ke SD card dan mengecek apakah bisa digunakan atau tidak, pengguna smartphone pernah mengalami SD Card yang terpasang di perangkat tiba-tiba rusak dan tidak terbaca. rusak?

Cara Untuk Memformat Kartu Sd

Selain mengganggu, masalah ini bisa sangat merugikan, apalagi jika data yang tersimpan di smartphone merupakan data penting seperti tugas kuliah atau pekerjaan.

Nah, bagi Anda yang menghadapi masalah serupa, jangan khawatir. Sebenarnya cara memperbaiki SD Card yang corrupt dan tidak terbaca ini sangat sederhana. Di bawah ini adalah beberapa cara memperbaiki SD Card yang corrupt dan tidak terbaca agar SD Card dan datanya kembali normal.

Baca Juga : Cara Memindah Memori Internal ke SD Card Terbaru 2020 Cara Memperbaiki SD Card Rusak dan Tidak Terbaca 1. SD Card Kosong

Jika kartu memori tidak terbaca atau tidak terdeteksi saat dimasukkan ke dalam smartphone, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan membersihkan slot yang tersedia.

Microsd Mendadak Rusak? Jangan Panik, Lakukan 4 Cara Ini

Jadi, Anda dapat memulihkan kartu SD yang rusak tanpa memformat. Untuk cara lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara termudah untuk memperbaiki kartu SD lain yang rusak adalah dengan mencoba kartu SD di smartphone lain. Tentunya hal ini akan menentukan apakah SD card atau slot memori smartphone Anda rusak.

See also  Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Ajaib

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kartu SD yang dilepas dari perangkat ke smartphone Android lain. Periksa apakah kartu SD dapat dideteksi dan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika masih tidak bisa juga bisa lanjut ke Cara Memperbaiki SD Card Corrupt berikutnya.

Penyebab Kartu Sd Rusak Dan Tidak Terbaca Yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut ini, kamu bisa mengecek error melalui PC atau laptop untuk mengetahui apakah ada masalah pada SD card kamu atau tidak.

Jika Anda sudah frustasi dan tidak peduli dengan data yang tersimpan di dalamnya, Anda bisa langsung memformat SD Card agar bisa kembali normal dan digunakan kembali.

Kartu sd rusak masih memberikan kesalahan bahkan setelah memformat dengan android? Anda dapat memformat kartu SD menggunakan PC/Laptop untuk hasil yang lebih akurat. Begini caranya: Mengembalikan kartu SD yang rusak di Android adalah hal yang harus Anda lakukan saat mengalami hal ini. Padahal, banyak faktor yang mempengaruhi SD card rusak.

Salah satunya sering membongkar sepasang kartu. Tanda yang awalnya tidak terbaca, setelah beberapa waktu mulai rusak dan data di dalamnya rusak.

Memperbaiki Card Reader Tidak Membaca Sdcard Atau Kadang Membaca Kadang Tidak

Pengguna dapat kehilangan data penting dan sangat berbahaya. Jika Anda menghadapi masalah ini, memperbaikinya dengan benar dan hati-hati adalah satu-satunya cara untuk mengembalikannya menjadi normal.

Berbagai metode akan digunakan untuk mengembalikan data. Cara ini bisa Anda terapkan pada berbagai merk SD Card antara lain Samsung, VGen, Sandisk dan lainnya.

Ini karena sudah lama tidak dibuka atau pelat kartu SD tertutup debu dan kotoran yang menghalangi aliran data. Matikan ponsel Anda dan keluarkan kartu dari slot Android.

Gunakan penghapus pensil untuk membersihkannya. Gosok perlahan hingga benar-benar bersih. Jika sudah, segera masukkan kembali ke dalam slot ponsel Android. Periksa hasilnya.

Upaya Untuk Memperbaiki Sd Card Yang Tidak Terbaca Tanpa Melakukan Format

Jika cara ini tidak berhasil, coba cara kedua. Keluarkan kartu dan pindahkan kartu SD ke smartphone lain.

Dari memasang kartu SD ke perangkat lain, ia membaca dan berfungsi dengan baik. Itu berarti slot memori Android Anda rusak.

Jadi Android Anda juga tidak bisa melihatnya. Tindakan yang benar untuk memperbaiki kartu SD yang rusak di Android adalah menghapus virus yang mendasarinya menggunakan antivirus terbaik seperti AVG, Smadav, Avira, dan lainnya.

Kemudian pindai microSD yang sudah dibaca dan klik kanan. Lakukan ini sampai pemindaian selesai. Terakhir, keluarkan kartu SD dan masukkan kembali ke Android.

Solusi Memory Card Tidak Terbaca Di Action Cam

Jika Anda benar-benar tidak dapat menemukan solusi menggunakan metode di atas maka Anda harus mengambil langkah ini. Untuk melihat apakah ada masalah dengan kartu SD.

See also  Curse Of The Werewolf Slot Demo

Ubah mode dari MTP ke mode Penyimpanan Massal. Buka File Explorer dengan Windows + E dan klik kanan pada kartu SD.

Kemudian pilih menu Properties, Tools dan klik “Error Checking”. Tunggu prosesnya selesai. Jika demikian, lepaskan kartu SD dan periksa lagi apakah sudah normal.

Untuk memperbaiki kartu SD yang rusak di Android, Anda dapat memformatnya. Cara ini menyebabkan semua file di kartu hilang.

Microsd Tidak Terbaca, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jika beberapa metode gagal menyelesaikan masalah Anda, langkah terakhir adalah menghubungi pusat layanan resmi.

Anda bisa memilih cara ini jika kartu memori tidak terbaca dan rusak. Selain itu, Anda tidak bisa lagi bekerja di smartphone, laptop, atau PC.

Tidak ada salahnya untuk memeriksakan SD card ke service center dan menggantinya dengan yang baru sebelum membuangnya.

Hal ini didasari karena SD card masih dapat disimpan dan kembali seperti semula. Pusat Layanan menggunakan aplikasi untuk memulihkan kartu SD yang rusak di Android tanpa memformatnya terlebih dahulu. (R10/HR-Online) Kartu SD atau memori eksternal merupakan komponen penting bagi ponsel cerdas untuk menyimpan berbagai file. File mencurigakan seperti foto, musik, dokumen, dll. Meskipun ini jarang terjadi, hal ini tidak mencegah kerusakan tak terduga pada kartu SD. Kartu SD yang rusak biasanya ditandai dengan file yang tidak dapat dibaca.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Kerusakan kartu SD pasti akan menyebabkan hilangnya semua jenis data penting dan sekunder. Tapi tentu saja, tidak ada pengguna yang ingin kartu SD mereka rusak. Namun jika sudah terlanjur rusak, ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Berikut adalah 4 cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak.

Cara pertama yang bisa dilakukan pengguna adalah mengosongkan kartu memori. Smartphone tidak dapat mendeteksi kartu SD karena pelat tembaga kuning pada kartu SD kotor.

Solusinya bersihkan plat tembaga kartu SD dengan penghapus pensil warna putih dan gosok perlahan hingga plat bersih. Kemudian masukkan kembali kartu SD ke dalam slot

Cara memperbaiki tempat sim card yang rusak, cara memperbaiki sd card yang rusak tanpa format, cara memperbaiki card reader yang rusak, cara memperbaiki slot sim card yang rusak, cara memperbaiki sd card rusak di android, cara memperbaiki sd card rusak, cara memperbaiki sim card yang rusak, cara memperbaiki file foto yang rusak di sd card, cara memperbaiki memory card hp yang rusak, cara memperbaiki memory card yang rusak, memperbaiki sd card rusak, memperbaiki sd card yang rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *