Suntik Kb Bikin Gemuk Benarkah

Suntik Kb Bikin Gemuk Benarkah – Keluarga Berencana (KB) merupakan program pemerintah yang dimulai sejak tahun 1953. Tujuan dari program ini adalah untuk mencegah kehamilan untuk memecahkan masalah pertumbuhan penduduk. Untuk itu dicanangkan Program Keluarga Berencana Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan KB dan kesehatan reproduksi bagi seluruh masyarakat.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui kematangan usia menikah (PUP), pengendalian kelahiran, penguatan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992. Program yang diprakarsai pemerintah ini dilaksanakan melalui berbagai metode: suntik KB, kondom, implan, salpingektomi, vasektomi, dan lain-lain.

Suntik Kb Bikin Gemuk Benarkah

) mempunyai tingkat yang sangat tinggi. Di Indonesia, penerima KB suntik DMPA memiliki persentase tertinggi yaitu 49,93% pada penerima baru dan 47,78% pada penerima lama.

Benarkah Kb Implan Bikin Gemuk?

Kontrasepsi suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi suntik. Cara ini paling menarik karena lebih aman, efektif, sederhana, tidak menimbulkan efek samping yaitu tidak mengganggu produksi ASI, dan dapat digunakan setelah melahirkan.

Kontrasepsi suntik melibatkan penyuntikan cairan berupa hormon progesteron ke seorang wanita secara berkala. Setelah penyuntikan, cairan yang mengandung hormon progesteron masuk ke pembuluh darah dan diserap tubuh secara bertahap untuk mencegah kehamilan.

Cara kerja suntikan KB adalah dengan memblokir sel telur dengan sperma. Hal ini dapat menyebabkan lendir vagina mengental sehingga dapat membantu mencegah sperma masuk ke dalam rahim.

Menurut sumber BKKBN, KB suntik merupakan metode KB yang paling efektif dibandingkan metode KB lainnya. Metode yang digunakan dalam suntik KB ini adalah penyuntikan hormon progesteron secara intramuskular yang mempunyai kemampuan bekerja selama +/- 3 bulan. Alat kontrasepsi suntik dibedakan menjadi 2 (dua) jenis :

Pilihan Kb Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui Dan Tidak Bikin Gemuk

Merupakan kontrasepsi suntik yang diberikan setelah 7 hari pertama menstruasi atau 6 minggu setelah melahirkan. Suntikan ini diberikan sebulan sekali, dimana penyuntikannya merupakan kombinasi hormon

Merupakan jenis alat kontrasepsi yang diberikan setiap 3 bulan atau 12 minggu dengan cara menyuntikkan hormon progestasional (

) 150 mg jilid. Seperti halnya suntik KB 1 bulan, suntik KB 3 bulan dimulai setelah 7 hari pertama menstruasi atau 6 minggu setelah melahirkan.

Banyak orang memilih kontrasepsi suntik dibandingkan alat kontrasepsi lainnya. Namun, ada baiknya mengetahui beberapa efek samping penggunaan alat kontrasepsi ini. Diantaranya adalah:

See also  Apk Edit Yang Sering Digunakan Selebgram

Aman Atau Tidak Kb Suntik Untuk Ibu Menyusui? Satu Jenis Kb Suntik Ini Yang Aman

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan KB suntik, perlu diketahui bahwa efek samping KB suntik dapat mempengaruhi menstruasi Anda:

Ya. Saat menstruasi, darah yang dikeluarkan bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit. Terkadang hanya bintik yang muncul (

Seseorang yang memilih menggunakan alat kontrasepsi suntik seringkali harus bolak-balik ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerima suntikan lagi setelah masa perlindungan hormon progesteron berakhir. Misalnya, mereka yang memutuskan untuk suntik KB selama 3 bulan, maka sebaiknya suntik lagi setiap 3 bulan. Mirip dengan suntik KB 1 bulan, setiap bulannya ia harus mendapat suntik hormon progesteron lagi. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi ini juga tidak bisa dihentikan sewaktu-waktu sesuka hati. Mereka yang menggunakan metode kontrasepsi ini harus menunggu sampai efektivitas hormon tersebut habis.

Bagi wanita yang pada dasarnya gemuk, sebaiknya perhatikan jenis alat kontrasepsi yang satu ini. Kontrasepsi suntik dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan hormon progesteron yang disuntikkan ke dalam tubuh dapat meningkatkan nafsu makan, yaitu dengan mempengaruhi pusat kendali nafsu makan di hipotalamus, reseptor makanan akan meningkat lebih dari biasanya.

Mitos Atau Fakta, Kb Suntik Bisa Bikin Gemuk Dan Tidak Haid?

Penggunaan alat kontrasepsi suntik sangat berisiko terhadap penularan berbagai penyakit menular berbahaya seperti HIV/AIDS, hepatitis B, dan infeksi menular seksual (PMS).

Saat memutuskan untuk berhenti menggunakan KB suntik, pengguna alat kontrasepsi bisa saja mengalami gangguan kesuburan, artinya tertundanya proses kesuburan. Banyak yang mengira itu adalah cacat pada alat kelamin. Namun, hal ini sebenarnya karena efek pelepasan obat tersebut belum hilang.

Penggunaan KB suntik dalam jangka panjang, yakni lebih dari 3 tahun, dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti:

Penggunaan alat kontrasepsi suntik dalam jangka panjang dapat menyebabkan penipisan tulang yang pada akhirnya dapat menyebabkan rendahnya kepadatan tulang (osteoporosis). Untuk itu, para ahli kesehatan sangat menganjurkan konsultasi dan peninjauan dengan tenaga medis setiap 2 tahun sekali.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Menyuntikkan hormon progesteron dapat menyebabkan lendir vagina mengental. Selain itu, dapat mengubah makanan kaya karbohidrat menjadi lemak yang sulit bereaksi dengan air. Artinya orang yang menumpuk lemak di tubuhnya akan memiliki lebih sedikit air di tubuhnya. Kondisi ini serupa ketika hormon progesteron disuntikkan ke dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan vagina kering dan nyeri saat berhubungan intim. Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan akan berdampak pada penurunan gairah seks penggunanya.

See also  Cara Agar Wajah Bersih Tidak Kusam

Menyuntikkan hormon progesteron dapat menyebabkan perubahan pada tubuh wanita. Hal ini dapat menyebabkan kelesuan, penurunan semangat untuk melakukan rutinitas sehari-hari, dan sesekali sakit kepala, kelelahan, dan depresi.

Keputihan saat hamil juga bisa disebabkan oleh masalah ini. Efek samping suntikan KB dapat menyebabkan perubahan hormonal pada seorang wanita. Hal ini disebabkan oleh produk hormonal yang digunakan untuk kontrasepsi. Keputihan ditandai dengan adanya lendir (bisa encer atau kental), tidak berbau, rasa perih, gatal atau keluhan lainnya. Selama Anda tidak mengalami keluhan apa pun, hal ini dianggap wajar dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Perubahan hormonal akibat penggunaan kontrasepsi suntik dapat menyebabkan banyak kelainan kulit seperti jerawat. Ini karena hormon yang disuntikkan dapat menyebabkan produksi minyak wajah dan kelenjar sebaceous berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan gangguan kulit yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Benarkah Minum Pil Kb Bikin Gendut Dan Jerawatan?

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti alat kontrasepsi suntik, dapat menyebabkan penurunan libido. Hal ini nantinya dapat mempengaruhi gairah seksual seorang wanita. Untuk itu, olahraga teratur sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar hormon yang dapat meningkatkan libido.

Penggunaan alat kontrasepsi suntik dapat menimbulkan banyak efek samping. Meski demikian, KB suntik juga menawarkan banyak manfaat. Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih metode kontrasepsi ini, misalnya:

Pasalnya, angka kehamilan pada mereka yang memilih metode kontrasepsi ini sangat rendah. Alat kontrasepsi jenis ini sangat aman digunakan oleh wanita di atas 35 tahun.

Menurut pakar kesehatan, suntikan hormon progesteron memberikan efek positif terhadap produksi ASI. Itu sebabnya suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi bagi mereka yang masih menyusui. Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI

Bahaya Kb Su

Pada beberapa kasus, suntikan hormon progesteron dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat membantu penambahan berat badan, seperti halnya makan untuk menambah berat badan.

Suntikan hormon progesteron dapat membantu mengurangi nyeri saat menstruasi. Selain itu juga dapat mengurangi jumlah darah yang diproduksi saat menstruasi.

Dengan menggunakan alat kontrasepsi suntik, Anda terhindar dari kebiasaan mengonsumsi pil KB setiap hari. Dengan satu suntikan, Anda bisa melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan selama kurang lebih 3 bulan.

Menurut pakar kesehatan, menyuntikkan hormon progesteron ke dalam tubuh wanita dapat menghindarkannya dari berbagai penyakit seperti kelainan payudara, radang panggul, anemia, dan penyakit reproduksi lainnya.

See also  Lirik Lagu Barat Westlife My Love

Kb Suntik Bikin Gemuk? Ini Penjelasan Pakar

Berdasarkan ulasan di atas, tentu KB suntik mempunyai efek samping, namun tidak setiap orang akan selalu mengalami efek samping. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki penyesuaian dalam pemberian hormon progesteron. Tentunya perlu dilakukan penelitian mendalam untuk mengetahui apa yang terjadi setelah melakukan suntik KB. Oleh karena itu, setiap penerima harus berkonsultasi dengan tenaga medis yang tepat untuk menentukan metode KB yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima, apakah KB suntik 1 bulan atau 3 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu dan ayah berkonsultasi dengan ahli kesehatan seperti dokter dan bidan sebelum menggunakan suatu alat kontrasepsi tertentu.

Misalnya, ibu yang mengidap penyakit jantung atau hipertensi tentu harus lebih berhati-hati dalam memilih metode kontrasepsi yang tepat.

Bidan Nur Tyastuti Octaviani, Amd. Kebb mengatakan, ada beberapa efek samping umum yang sering dialami saat menggunakan alat kontrasepsi.

“Ada efek samping, ada efek samping hormonal, suntik satu bulan berbeda dengan suntik tiga bulan,” jelasnya saat ditemui tim .id di Klinik Bidan Desa Gunung di Kabupaten Boyolali, Kecamatan Simo.

Efek Samping Kb Spiral (iud) Yang Anda Harus Tahu

Karena berbasis hormon, penderita penyakit jantung atau tekanan darah tinggi sebaiknya tidak memilih jenis alat kontrasepsi ini.

Selain itu, bidan Tyas menambahkan, banyak alat kontrasepsi yang bisa mempengaruhi berat badan, seperti suntik 3 bulan dan implan.

Selain itu, bidan Tyas mengungkapkan, hal utama yang membedakan KB suntik 1 bulan dan 3 bulan adalah kembalinya kesuburan.

“Kesuburan cepat kembali dalam waktu 1 bulan. Jadi bagi yang menyuntik sebulan sekali, tidak bisa menunda menyuntik setiap bulannya, ujarnya.

Nyaman Pakai Kontrasepsi Dengan Pil Kb Minim Efek Samping

Ibu yang memilih alat kontrasepsi 1 bulan mungkin akan mengalami siklus menstruasi setiap bulannya, hanya saja pengaruhnya kecil terhadap penambahan berat badan.

Baca Juga: Biaya KB di Puskesmas Terjangkau Semua Kalangan Ketahui Fakta Memilih Alat Kontrasepsi yang Aman dan Terjangkau

Saya tidak ingin merek obat apa pun

Obat kb bikin gemuk, benarkah kb suntik bikin gemuk, kb suntik bikin gemuk ga, apakah kb suntik bikin gemuk, suntik kb bikin gemuk, kb suntik tidak bikin gemuk, benarkah kb suntik menyebabkan kanker, suntik kb yang bikin gemuk, kb suntik bisa bikin gemuk, kenapa kb suntik bikin gemuk, cara suntik kb bikin gemuk, suntik kb yang bikin kurus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *