Cara Membaca Alkitab Yang Baik Dan Benar

Cara Membaca Alkitab Yang Baik Dan Benar – Ketika saya pertama kali mengenal Tuhan, saya mengajar orang-orang Kristen yang lebih serius tentang pentingnya rajin membaca Alkitab setiap hari. Alkitab adalah buku kebenaran yang memberi tahu saya bagaimana hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, dan kebenaran ini berlaku dalam semua bidang kehidupan saya. Hal ini sangat penting dan tidak boleh dianggap enteng.

Namun, membaca Alkitab secara konsisten bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika ada begitu banyak hal yang perlu kita perhatikan. Kita dapat mencoba berbagai metode dan teknik untuk mengatasi hambatan, seperti menyediakan waktu untuk membaca Alkitab atau menggunakan alat belajar Alkitab untuk membantu kita memahami apa yang kita baca.

Cara Membaca Alkitab Yang Baik Dan Benar

Jadikan pembacaan Alkitab sebagai bagian dari jadwal Anda. Begitu Anda memiliki jadwal, itu akan menjadi kebiasaan Anda dan tidak akan mudah untuk mengganggu atau lupa melakukannya. Tidak ada aturan pasti mengenai waktu terbaik untuk membaca Alkitab. Beberapa orang menganggap pagi hari adalah waktu terbaik karena pikiran dan perasaannya masih segar dan jernih. Beberapa orang berpendapat bahwa waktu terbaik adalah malam hari sebelum tidur.

Pdf) Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Alkitab

Saya sendiri dulu bertingkah seperti “burung hantu” di perguruan tinggi. Saya harus lari ke kampus di pagi hari. Baru pada malam hari saya menjadi lebih hidup dan bisa berpikir jernih. Tentu saja, saya memilih membaca Alkitab pada malam hari. Namun setelah saya menjadi seorang ibu, saya mengubah waktu membaca Alkitab saya menjadi pagi hari. Sebuah perubahan yang sangat menyegarkan.

Catatan: Lebih mudah membaca Alkitab setiap hari jika kita mempunyai jadwal yang tetap daripada berusaha mencari waktu untuk melakukannya setiap hari.

Alkitab penuh dengan begitu banyak hikmah yang tidak dapat kita pahami dengan pemahaman kita yang terbatas. Tanpa bantuan alat belajar Alkitab atau bimbingan pemimpin rohani di gereja, kita mungkin salah memahami kebenaran dasar.

Ada banyak rencana untuk membaca Alkitab hari ini. Kita bisa memilih rencana membaca berdasarkan tujuan kita, misalnya: membaca seluruh Alkitab dalam satu tahun, membaca seluruh Perjanjian Baru dalam tiga bulan, atau mempelajari satu kitab dalam Alkitab. Yang paling penting adalah memilih rencana bacaan yang sesuai dengan situasi kita saat ini dan membantu kita membaca Alkitab secara konsisten.

Bhn Ajar & Tgs Kls Viii Bab 8

Saya menggunakan komentar-komentar Alkitab untuk mempelajari Taurat (lima kitab pertama dalam Alkitab). Tanpa bantuan buku ini, saya mungkin kehilangan kesabaran membaca hukum pengudusan dan petunjuk membangun tabernakel.

Tidak ada orang Kristen yang dapat bertumbuh sendirian di luar komunitas orang percaya. Hal yang sama berlaku untuk membaca Alkitab. Kita perlu saling mendukung dan menyemangati dalam perjalanan kita membaca Firman Tuhan.

See also  What Is A Vpn Server

Saya adalah bagian dari kelompok membaca Alkitab dengan 10 anggota. Di grup ini kami membagikan apa yang telah kami pelajari dari membaca Alkitab setiap hari. Pada hari itu, seluruh anggota lainnya bergiliran memeriksa apakah mereka telah membaca Alkitab. Kita semua bahkan telah mengembangkan semacam penghargaan dan hukuman untuk membantu kita tetap disiplin dalam membaca Alkitab dan membuat kita bertanggung jawab terhadap komitmen kita.

Proses ini juga menjadi dorongan dan pengingat ketika saya tergoda untuk tidak membaca Alkitab (apa pun alasannya) dan membantu saya membaca Alkitab secara konsisten selama lebih dari tiga tahun.

Modul Kelas 8 By Havyunus

Kadang-kadang kita harus berhenti membaca Alkitab ketika kita sakit, bekerja lembur, atau menghadapi kesulitan. Kita tidak harus melihatnya sebagai kelemahan atau “dosa”. Kita harus berhati-hati agar tidak menjadikan pembacaan Alkitab sebagai ritual yang mati.

Membaca Alkitab seharusnya menyenangkan karena membantu kita membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Kami tidak hanya membayar tagihan.

Salah satu kendala terbesar yang dihadapi banyak orang dalam membaca Alkitab adalah hilangnya motivasi dan keinginan untuk membaca, apalagi mereka sudah lama membaca secara rutin. Saat kita merasakan ini, kita bisa bertanya pada diri sendiri:

? Bicaralah dengan Tuhan tentang masalah ini, luangkan waktu untuk berdoa dan mohon kepada-Nya untuk memberi kita kerendahan hati dan kehausan akan firman-Nya. Mintalah Tuhan memperbaharui semangat dalam hati kita untuk mempelajari firman-Nya.

Pdf) Membangun Disiplin Rohani Siswa Pada Generasi Milenial Melalui Jurnal Membaca Alkitab [building Milenial Students’ Spiritual Discipline Through Bible Reading Journalling]

.” Saya yakin ketika kita meminta Tuhan membantu kita membaca Firman-Nya, Tuhan akan menjawab doa kita karena Dia sendiri yang ingin kita membaca Firman-Nya. Bayangkan Anda mendengarkan langsung Yesus saat Dia mengajar. Dia mengutip kitab suci yang berbeda dan mengetahui semuanya dengan sangat baik! Yesus juga merujuk pada beberapa ayat dalam khotbah pembaptisannya dan kata-kata terakhirnya sebelum kematiannya.b (Ulangan 8:3; Mazmur 31:5; Lukas 4:4; 23:46) Selama tiga setengah tahun pelayanannya , dia membaca kitab suci secara teratur. , membaca dan menjelaskan kepada orang-orang.- Mat. 5:17, 18, 21, 22, 27, 28; Lukas. 4:16-20.

Selama hidupnya di bumi, Yesus menunjukkan bahwa dia mencintai firman Tuhan dan bertindak berdasarkan apa yang dia pelajari (paragraf 2)

2 Yesus telah membaca dan mendengarkan firman Allah selama bertahun-tahun sebelum Dia memulai pelayanan-Nya. Maria dan Yusuf pasti pernah mendengar Maria dan Yusuf membacakan puisi di rumah mereka, ketika keluarga mereka sedang berbicara satu sama lain.c (Ulangan 6:6, 7) Yesus mungkin juga datang ke sinagoga bersama keluarganya setiap hari Sabat. (Lukas 4:16) Tentu saja, ia mendengarkan dengan penuh perhatian ketika ayat-ayat tersebut dibacakan. Belakangan, Yesus belajar membaca Kitab Suci. Oleh karena itu, dia mengetahui dan mencintai Firman Tuhan dan bertindak berdasarkan apa yang dia pelajari. Ketika Yesus baru berusia 12 tahun, ia berbicara kepada para ahli Taurat di Bait Suci dan mereka “terkejut” karena mengetahui banyak hal dan jawaban-jawabannya. – Lukas. 2:46, 47, 52.

See also  Indobet Demo Slot

3 Dan jika kita membaca firman Tuhan secara teratur, kita dapat mengetahui dan menyukainya. Namun apa manfaat membaca Alkitab bagi kita? Kita bisa belajar dari perkataan Yesus kepada ahli-ahli Taurat, orang-orang Farisi, dan orang-orang Saduki. Para pemimpin agama ini sering membaca Alkitab tetapi tidak memperoleh manfaat darinya. Yesus memberi tahu mereka tiga hal yang harus dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan (1) memahami apa yang kita baca, 2) menemukan permata rohani, dan 3) mempelajari apa yang Yesus katakan kepada mereka untuk menjadi orang yang lebih baik.

Doa Baca Firman Tuhan

4 Kita perlu memahami apa yang kita baca dalam Firman Allah agar kita dapat mengambil manfaat darinya. Lihatlah percakapan Yesus dengan ahli Taurat. (Lukas 10:25-29) Ia menanyakan apa yang harus dilakukan manusia untuk menerima kehidupan kekal. Untuk menunjukkan bahwa jawabannya ada dalam Firman Tuhan, Yesus berkata: “Apa yang tertulis dalam Taurat? Apa yang kamu punya?” Orang ini memberikan jawaban yang benar. Dia mengutip kitab suci tentang mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. (Imamat 19:18; Ulangan 6:5) Namun setelah itu dia bertanya, “Siapakah temanku?” Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut tidak begitu memahami apa yang dibacanya. Jadi dia tidak tahu bagaimana menerapkan ayat-ayat tersebut dalam hidupnya.

5 Jika kita berusaha mempunyai kebiasaan belajar yang baik, kita dapat memahami Firman Tuhan dengan lebih baik. Cobalah tips berikut ini. Berdoalah sebelum membaca Alkitab. Kita memerlukan bantuan Yehuwa untuk memahami Firman-Nya. Jadi mintalah roh sucinya untuk fokus. Kemudian bacalah secara perlahan untuk memahami apa yang Anda baca. Anda dapat membaca dengan suara keras atau sambil mendengarkan rekaman. Kemudian, dengan mata dan telinga Anda, Anda akan membawa firman Tuhan ke dalam pikiran dan hati Anda. ( Yos. 1:8 ) Setelah membaca, Anda bisa berdoa kembali. Bersyukurlah kepada Yehuwa karena telah memberi Anda Firman-Nya dan mintalah Dia membantu Anda menerapkan apa yang Anda baca.

Mengapa Anda lebih memahami dan mengingat apa yang Anda baca jika Anda membuat catatan singkat? (Lihat paragraf 6)

See also  Cara Upload Website Dari Localhost Ke Hosting

6 Berikut dua tip lain untuk membantu Anda memahami Alkitab dengan lebih baik. Saat Anda membaca sebuah cerita, Anda bertanya, “Siapa tokoh utamanya?” pikirkan pertanyaan seperti Siapa yang berbicara? Siapa yang dia bicarakan dan mengapa? Di mana dan kapan peristiwa ini terjadi?” Pertanyaan seperti ini membantu Anda memvisualisasikan cerita dan memahami maknanya. Selain itu, buatlah catatan singkat. Saat Anda membuat catatan, Anda akan dipaksa untuk lebih memikirkan apa yang Anda baca, dan Anda akan memahami serta mengingatnya dengan lebih baik. Apa yang bisa Anda perhatikan? Anda dapat menuliskan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan di atas, temuan penelitian, gagasan utama, pembelajaran, dan perasaan. Jika Anda menulis seperti ini, Anda akan memahami bahwa Alkitab mempunyai pesan dari Tuhan untuk Anda.

Ayat Alkitab Tentang Kerendahan Hati

7 Yesus mengatakan bahwa jika kita ingin memahami apa yang kita baca dalam Firman Tuhan, kita perlu “berpikir secara hati-hati”. Dengan kata lain, gunakan akal sehat. (Matius 24:15) Artinya, kita hendaknya berusaha memahami hubungan antara ayat yang satu dengan ayat yang lain, hubungan antara apa yang kita baca dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Menurut Yesus, jika kita menggunakan daya pikir kita, kita akan dapat mengetahui peristiwa apa saja yang disebutkan dalam nubuatan Alkitab. Selain itu, dengan menggunakan daya pikir kita, kita dapat memperoleh manfaat dari segala sesuatu yang kita baca dalam Alkitab.

8 Yehuwa membantu kita menggunakan keterampilan berpikir kita dengan baik. Jadi berdoalah untuk bantuannya. (Ams. 2:6) Bertindaklah sesuai dengan doa Anda. Bagaimana? Pelajarilah apa yang Anda baca dan pikirkan kaitannya dengan apa yang sudah Anda ketahui. Anda dapat menggunakan alat yang disediakan oleh organisasi, seperti:

Alat seperti itu dapat membantu Anda memahami makna teks dan membantu Anda memahami pelajaran itu sendiri. (Ibr. 5:14) Jika Anda menggunakan keterampilan berpikir Anda untuk membaca Alkitab, Anda akan lebih memahaminya.

9 Meskipun orang Saduki mengetahui lima buku pertama Kitab-Kitab Ibrani, mereka

Pdf) Konsep Ibadah Yang Benar Dalam Alkitab

Cara membaca yang baik dan benar, cara membaca alquran yg baik dan benar, cara membaca alkitab yang benar, cara membaca alkitab dengan benar, cara belajar membaca alquran yang baik dan benar, membaca al quran yang baik dan benar, cara membaca bahasa inggris yang baik dan benar, cara membaca alquran dengan baik dan benar, cara membaca alquran yang baik dan benar, membaca alkitab yang benar, cara membaca alkitab yang baik, belajar membaca alquran yang baik dan benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *